Kamis, 27 September 2018

Wisata Budaya di Pentirtaan Dewi Sri Simbatan

     Pentirtaan Dewi Sri Simbatan atau lebih dikenal dengan Candi Simbatan adalah salah satu obyek wisata bersejarah di Kabupaten Magetan, lebih tepatnya di Desa Simbatan,Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, jaraknya kurang lebih 17 km ke arah timur dari pusat kota Magetan.
     Di kawasan wisata Candi Simbatan ini ada berbagai macam acara atau artefac peninggalan masa kerajaan lampau, sebenarnya Candi Simbatan ini sudah ditemukan sejak lama dan pada tahun 1933 Candi Simbatan ini mengeluarkan sumber air, maka dari itu Candi Simbatan lebih dirawat dan diperhatikan pembangunannya oleh warga masyarakat dan juga pemerintah setempat.
     Candi ini menjadi salah satu ikon wisata di Magetan dan juga sekarang ini sering diadakan acara adat istiadat di kawasan Candi Simbatan, yaitu setiap hari Jumat Pahing pada bulan Muhrram akan diadakan acara Bersih Desa , untunk membersihkan Arca Dewi Sri, untuk sebagian wisatawan yang datang pada waktu acara ini pasti akan mengambil air bersih yang keluar dari dada kanan dan dada kiri Arca Dewi Sri untuk dimanfaatkan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit, itu menurut kepercayaan warga setempat.



    Selain itu, di tempat wisata ini anda juga bisa menikmati pemandangan yang sangat indah yaitu seperti rawa-rawa dan juga kolam air yang jernih yang semakin mempercantik pemandangan. Tempat wista ini memang sangat menarik karena selain adanya pemandangan yang bisa kita nikmati kita juga bisa belajar mengenai sejarah, maka dari itu tempat ini sangat cocok untuk wisata edukasi bersama keluarga.
     Fasilitas yang ada di Candi Simbatan, aantara lain :
  • Tempat parkir 
  • Gazebo
  • Toilet
  • Warung makan
     Untuk jam oprasional Candi Simbatan mulai buka pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore, dan untuk tiket masuk pengunjung tidak dikenkan biaya, hanya saja cukup membayar biaya parkir kendaraan.
     Untuk para traveller jangan lupa mengunjungi tempat ini karwna swlain dapat belajar sejarah anda juga bisa berburu foto foto hits dan kece di Candi Simbatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar